Sekilas Tentang Kloning Genetika


Secara etimologis, kloning berasal dari kata “clone” yang berasal dari bahasa yunani “klon”, artinya potongan yang digunakan untuk memperbanyak tanaman. Kata ini di gunakan dalam dua pengertian, yaitu
(1) klon sel yang artinya menduplikasi sejumlah rek dari sebuah rek yang memiliki sifat-sifat genetika identik,
(2) Klon gen atau molekular, artinya sekelompok salinan gen yang bersifat identik yang direplikasi dari satu gen dimasukkan dalam sel inang.
Menurut terminologis, kloning adalah proses pembuatan sejumlah besar sel atau molekul yang seluruhnya identik dengan sel atau molekul asalnya. Kloning dalam bidang genetika merupakan replikasi segmen DNA tanpa melalui seksual. Itulah sebabnya kloning juga di kenal dengan istilah rekombinasi DNA. Tehnologi ini membuka peluang baru dalam mengubah fungsi dan perilaku makluk hidup sesuai dengan keinginan dan kebutuhan manusia.
Metode kloning berbeda dengan pembuahan biasa, karena sel telur tidak lagi memerlukan sel sperma untuk pembuahannya. Secara sederhana dapat di sebutkan bahwa bayi “klon” di buat dengan mempersiapkan sel telur yang sudah diambil intinya kemudian digabungkan dengan sel donor yang merupakan sel dewasa dari suatu organ tubuh. Hasil gabungan tersebut berkembang dalam rahim sampai lahir.
Secara teoritis, melalui teknik kloning kelahiran seseorang bayi tidak lagi memerlukan sperma ayah. Bahkan, seseorang perempuan dapat mempunyai anak tanpa melalui ikatan perkawinan. Demikian juga seseorang lelaki apabila ingin punya anak tidak perlu beristri. Cukup hanya memesan sel telur pada suatu firma, memberikan selnya dari salah satu organ tubuhnya dan kemudian menitipkan calon anaknya pada rahim seseorang wanita yang bisa jadi telah disediakan oleh firma tersebut.
Gambaran tersebut di atas belum bisa di sebut sebagai bentuk konkrit dari cara kerja kloning. Kloning yang di lakukan tidak resederhana itu, tetapi ia memiliki prosedur dan mekanisme yang sebenarnya cukup rumit untuk dijelaskan.
Sumber :

This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

One Response to Sekilas Tentang Kloning Genetika

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s