CARA PRAKTIS RAIH SUKSES


ANDA DALAM PERJALANAN
Semua dari kita sebenarnya dalam suatu perjalanan hidup mengarah ke suatu tempat. Kita tidak bisa diam dan tidak hidup, pasti mau gak mau akan terus melakukan aktifitas dalam memenuhi kebutuhan hidup. Aktifitas kita ini akan membentuk kehidupan kita, apakah kita hidup bahagia atau tidak.
Dalam melakukan aktifitas hidup kita, kita sudah berkali kali mengambil keputusan. Baik itu keputusan buruk ataupun keputusan baik. Sayangnya banyak dari kita, walau kita sudah mengambil keputusan baik, kita tidak melakukan aktifitas dengan terarah sehingga yang seharusnya sukses malah membuatnya menjadi kegagalan.
KEKUATAN FOKUS
Keberhasilan apapun memerlukan kekuatan fokus. Perhatikan tetes air hujan yang jatuh dari atas genteng ke batu dibawahnya. Anda akan perhatikan bahwa ada lekukan bekas tetesan air hujan di batu tersebut. Apakah karena 2 – 3 tetesan yang menyebabkan lekukan itu?
Anda tahu jawabannya, ada sekitar jutaan tetesan yang membuat lekukan di batu tersebut bisa terjadi … dan itu juga karena air yang jatuh kebatu tersebut jatuh tepat pada titik yang sama berkali kali. Ya, itulah kekuatan fokus.
KUNCINYA MOTIVASI
Pelajaran paling berharga menurut Anthony Robbins adalah memahami jenis motivasi apakah yang cocok untuk kita dalam melakukan suatu tindakan. Manusia itu memiliki kecenderungan malas dalam bertindak, ogah ogahan, menunda, dan penyakit sejenisnya. ( kecenderungan ini dibahas secara detail di “keluar dari kegagalan anda” oleh James J Mapes. )
RAHASIA SUKSES ANTHONY ROBBINS
Banyak cara dalam mengarahkan aktifitas kehidupan kita dalam hidup, Anthony Robbins menggunakan strategi unik tersendiri dalam mengarahkan aktifitas hidupnya pribadi, yaitu menggunakan kekuatan “suka duka”.
Rahasia sukses menurut Anthony Robbins adalah mempelajari bagaimana mendayagunakan suka dan duka. Bila anda mendayagunakan suka duka yang ada, anda mengendalikan hidup, bila tidak, anda di kendalikan oleh hidup.
Setiap orang memiliki kombinasi suka dan duka dalam melakukan tindakan sehari hari, bedanya hanya kadarnya saja. Ada yang kecenderungan mendekati sesuatu (suka) dalam melakukan tindakannya lebih besar daripada menjauhi sesuatu ( duka ). contohnya : “Kalau saya mengerjakan ini, saya dapat ini dan itu nih”. Orang ini lebih termotivasi dengan tantangan, keinginan dan sesuatu untuk dicapai. sedangkan bila dia berkata “kalau saya tidak mengerjakan ini, saya akan menderita” adalah orang yang kecenderungan dalam bertindak lebih karena menjauhi sesuatu, orang ini tidak terlalu termotivasi oleh tantangan dan sesuatu yang ingin dicapai, tapi orang tersebut termotivasi oleh sesuatu untuk dihindari/jauhi.
Sebagai contohnya, Kita seringkali terus melakukan apa yang kita lakukan setiap hari karena motivasi yang berdasarkan dua hal ini, yaitu suka dan duka. Mungkin bentuk suka nya adalah “kalau saya kerja, saya merasa berguna dan penting” dan bentuk dukanya “kalau saya tidak kerja, saya tidak dapat gaji bulanan dan saya makan apa dong?”.
Jenis motivasi umum ini banyak digunakan oleh kebanyakan orang dan cukup berhasil memotivasi seseorang untuk bangun pagi, pergi kerja, macet macetan, dimarahin bos karena telat dan seterusnya hingga hitungan tahunan. Motivasi ini hebat sekali bukan?
MEMBUAT KEMAJUAN HARI INI
Bila kita memiliki kemajuan hari ini, adalah suatu pertanda kita akan bisa juga membuat kemajuan hari esok. Dan dalam jangka periode waktu tertentu, kemajuan kemajuan kecil tersebut akan membentuk perubahan dalam hidup kita.
Inilah salah satu kiat sukses untuk hari ini oleh Anthony robbins dalam mencapai sukses dengan mengkaitkan suka dan duka:
1. Tentukan 2 atau 4 tindakan yang diperlukan
Hal hal kecil seperti ingin menghubungi orang penting, mengurangi jumlah rokok, membuat janji temu dengan rekan, dan lain lain. Pilih Tindakan tindakan yang membuat kemajuan kecil yang penting untuk kehidupan anda. Ingat tetes air, kecil tapi terfokus dalam satu titik secara konsisten yang membuat lekukan di atas batu yang keras tersebut.
2. Kemudian jawab pertanyaan ini “Kenapa belum bertindak?”
Duka seperti apa yang menyebabkan kita belum bertindak? Mungkin kita tidak menyadarinya, tapi biasanya bila kita belum bertindak, terdapat duka sederhana seperti “nanti apa kata dia kalau …”. Seandainya kita bisa mengatasi duka ini dengan dikaitkan dengan suka dalam bertindak, bayangkan mudahnya anda dalam melakukan tindakan.
3. Tulis kerugian bila tidak melakukannya
Bayangkan sebanyak mungkin alasan alasan bila kita tidak bertindak, kaitkanlah dengan duka. Semakin banyak dan emosional semakin baik untuk kita ingat ingat kembali sewaktu waktu, terutama saat perasaan malas itu datang kepada kita.
4. Tulis keuntungan bila melakukannya
Kaitkanlah alasan keuntungan ini dengan suka dalam bertindak. Mungkin bisa analogi sederhana tetes air diatas, walau tindakan kecil hari ini tidak terlalu berarti, tapi bila konsisten, fokus dan menjaga momentum, maka akan terbentuklah suatu perubahan yang cukup berarti di masa depan.
PRINSIP KEBIASAAN
Reaksi kita terhadap sesuatu adalah bentuk kebiasaan yang terbentuk dari masa lalu kita. Maxwell Maltz mengatakan bahwa diperlukan pengulangan berkali kali dalam merubah kebiasaan kita bereaksi dari “ogah ogahan” jadi “oke, saya lakukan”. dan ini diperlukan ketekunan yang seperti tetes air hujan yang jatuh ke atas batu.
walau terlihat mustahil membuat lekukan di atas batu dengan air, tapi percayalah bahwa kekuatan fokus dengan terus mengingatkan ke diri sendiri berkali kali akan bisa merubah perasaan anda dari perasaan duka “ogah ogahan” menjadi perasaan suka “oke saya lakukan”.
Emosi
Anthony Robbins yakin bahwa Emosi adalah suatu hal terpenting dalam membentuk kehidupan kita. Kenapa? Karena emosi lah manusia melakukan tindakan dan memberikan hasil, bukan pemikiran logika saja. Jadi kali ini mari kita membahas mengenai pendayagunaan emosi dengan benar. ready?
Emosi sebagai sinyal tindakan
Coba kita perhatikan saat kita sedang Be Te, lalu biasanya tindakan kita adalah bermalas malasan, denger musik, dan sms temen dengan berharap be te tadi bisa lenyap. Ini adalah suatu pola yang saling terkait satu sama lain dengan urutan sebagai berikut :
“ EMOSI — PESAN —- TINDAKAN —- HASIL “
Sayang, kita sering salah mengambil pesan yang ada dibalik emosi tersebut dan akhirnya mengambil tindakan yang kurang tepat sehingga hasilnya pun tidak tepat. Ya, emosi yang timbul sebenarnya adalah suatu sinyal kita untuk melakukan tindakan tertentu sehingga emosi bisa kita pergunakan untuk rambu rambu jalan saat kita sedang dalam perjalanan menuju pencapaian sasaran.
10 Jenis sinyal tindakan
Anthony Robbins mengatakan bahwa ada 10 jenis sinyal tindakan yang perlu kita sangat waspadai dan segera di sikapi sehingga kehidupan kita tetap dalam pencapaian yg optimal. kalau tidak segera, emosi tersebut justru membuat banyak kerugian di kehidupan kita.
1.Tidak nyaman
Pesan Emosi tidak nyaman ini bisa berarti bosen, tidak sabar, tertekan, sedikit malu malu in, dan sejenisnya. Tindakan yang diambil adalah :
– Cari cara ubah keadaan jadi nyaman segera.
– perjelas apa yg diinginkan
– Rasakan perubahan yg terjadi, bila cara yg dipakai efektif, gunakan cara itu bila emosi ini hadir.
2.Takut
Prihatin, khawatir, cemas, was was dan sejenisnya. pesannya jelas, bahwa sesuatu harus dipersiapkan. Tindakan yg perlu diambil adalah:
– Tentukan spesifik takut terhadap apa
– apa yg perlu dilakukan untuk atasinya.
– lakukan sekarang dan rasakan bedanya.
3.Sakit hati
Perasaan sakit hati ini biasanya dihasilkan dari perasaan kehilangan. Pesannya yang terkandung adalah memiliki harapan yang belum terpenuhi. Tindakan yang diambil adalah :
– sadarilah bahwa sebenarnya anda belum kehilangan apapun
– Buat waktu sendiri dan evaluasi “apa yg hilang sesungguhnya dlm diri saya?”
– catat pelajaran berharga anda, maafkan kesalahan diri dan orang lain lalu teruslah berjalan.
4. Marah
Marah ini bisa berarti luka halus, benci, geram atau mengamuk. Pesan yang disampaikan adalah standar yg di buat dirusak orang lain atau diri kita sendiri. Tindakan yang diambil adalah :
– Sadarilah bahwa mungkin ada salah penafsiran disini.
– Bertanyalah ke diri sendiri “apakah orang ini peduli akan diri saya?” ambil pelajaran.
– Ubah presepsi atau prilaku terhadap diri atau orang lain. Bila orang lain melanggar aturan anda, katakan saja “tolong jangan lakukan itu karena hal ini adalah barang pribadi saya”
5.Frustrasi
Bila berupaya secara terus menerus dan sepertinya hasilnya kurang memuaskan, timbulah emosi frustrasi ini. Pesannya adalah anda memiliki keyakinan bahwa sesuatu bisa dilakukan lebih baik dari ini. Justru ini adalah tanda positif, karena anda hanya perlu melakukan pendekatan berbeda dalam meraihnya. Tindakan yang diambil adalah :
– Sadarilah bahwa frustrasi adalah sahabat, bukan musuh. ini adalah tanda positif bahwa saatnya anda mencari cara baru untuk melakukan pencapaian sasaran.
– Cari masukan dalam hadapi situasi ini. Temukan model, orang yg telah mencapai apa yang anda inginkan.
– Dapatkan hasil dan rasakan perbedaannya.
6. Kekecewaan.
Suatu perasaan merusak yang sangat harus diwaspadai karena bila tidak segera di atasi akan merugikan lebih dari seharusnya. Pesanya adalah menawarkan harapan. Tindakan yg diambil adalah :
– Sadarilah bahwa sekarang saatnya merubah harapan, menyesuaikan diri, dan mengambil tindakan baru.
– tetapkan tujuan baru yang lebih menginspirasi dan membuat kemajuan berarti.
– Mungkin anda terlalu cepat menilai, tujuan anda mungkin kurang realistis dan sebagainya.
– Sadari bahwa situasi belum berakhir dan bersabarlah.
– Hargailah apa yang sudah anda perjuangkan selama ini dan rasakan perbedaannya.
7. Rasa bersalah
Rasa bersalah, penyesalan adalah emosi yang sering dihindari manusia, tapi justru sebenarnya membawa pesan yang penting. Pesannya adalah bahwa telah melanggar standar tinggi dan harus segera bertindak agar tidak mengulangi lagi di masa depan. tindakan yang perlu adalah :
– Ambilah pelajaran yang paling utama dari rasa bersalah ini.
– Temukan suatu symbol tertentu sebelum kesalahan itu terjadi sehingga bisa mengingatkan kita agar tidak melakukan lagi di masa depan saat menemui symbol tersebut.
– Komitmen lah agar tidak mengulangi kesalahan tersebut.
8. Ketidakmampuan
Perasaan tidak berharga terjadi jika gagal melakukan sesuatu, padahal seharusnya mampu. Pesannya jelas, anda tidak memiliki kemampuan yang diperlukan. tindakan yang diambil adalah :
– Tanyakan ke diri sendiri “apakah saya benar benar tidak mampu?”
– Hargailah keberanian untuk memperbaiki diri.
– Sadarilah anda adalah manusia yg bisa salah dan terus berkembang.
– Cari model orang yg mampu di bidang anda tidak mampu, bergurulah padanya.
9. Terbebani / Kewalahan
Perasaan ini terjadi bila kita tidak memiliki makna yang memperkuat hidup. Pesannya adalah Belajar prioritas. tindakan yang diambil adalah :
– putuskan hal hal apa saja yg perlu di fokuskan lebih utama dalam hidup anda.
– belajarlah untuk memprioritaskan tugas secara harian
– rasakan hasil dan perbedaannya setelah menyelesaikan aktifitas yang anda telah prioritaskan utama.
10. Kesepian
Apapun yang membuat kita merasa sendiri dan terpisah adalah kesepian. Pesannya adalah butuh hubungan dengan orang lain. tindakan yang diambil adalah :
– identifikasi jenis hubungan apa yang anda perlukan
– Belajarlah untuk peduli dan memberikan kontribusi positif terhadap orang lain sebagai dasar hubungan anda dengan orang lain.
– Segeralah membuat perbedaan dan rasakan bedanya.

This entry was posted in Motivasi. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s