UNTUNG RUGI MELIHAT ORANG LAIN


Richard Carlos Ph.D juga mengemukakan kenapa kita sulit berbahagia di hari ini karena kaitannya cara kita melihat orang lain. Ternyata hanya mengubah cara melihat orang lain saja, kita secara tidak langsung bisa mempengaruhi tingkat kebahagiaan kita di hari ini.

Ya, dua cara melihat itu sama, tapi memiliki dua tujuan berbeda, yaitu :
1. bertujuan untuk membandingkan kelebihan mereka dgn kekurangan kita
2. bertujuan untuk mengingat ingat alasan kenapa kita tidak bisa berbahagia

Nyontek
Nyontek untuk meningkatkan perkembangan diri, teknologi, refrensi sudut pandang saya pikir itu bagus, tapi kalau sampai merendahkan diri kita sendiri, ooh jangan sampe’ deh.

Wanita disebelah ini mungkin kalau kita pikir dia berbahagia, punya banyak uang untuk belanja, penampilan oke, hidup mewah dan seterusnya. Pada saat bersamaan, kita memikirkan saya kesulitan keuangan, penampilan gak sempat ngerawat, hidup pas pasan dan seterusnya.

Ngantuk
Kita sering kali tidak menganggap bahwa apa yg kita miliki sekarang ini adalah sesuatu yg berharga. Ya, oleh karena itu kita jadi ngantuk dan suntuk dibuatnya. Walau kita sudah punya rumah besar dan mobil mewah sekalipun, krn sudah terbiasa setiap hari gitu gitu saja, ya ngantuk jadinya.

Mulai dari pintu yg berbeda
Dua kebiasaan diatas itu sangatlah wajar dan kita semua mudah sekali terhanyut. Memang sulit untuk tidak melihat orang lain saat kita berada di keramaian, menonton acara tv, membaca majalah dan seterusnya. Memang sulit untuk mensyukuri apa yg biasa kita terima seperti gaji bulanan, kenyang setiap hari, bernafas dan seterusnya.

banyak cara diluaran sana agar kita bisa berbahagia di hari ini, tapi salah satu cara efektif menurut Dr.Maxwell Maltz yg menurut saya cukup ampuh dampaknya adalah bergerak ke arah sasaran yang kita inginkan.

Ketika kita sedang bersemangat membangun satu batu bata demi satu batu bata, kita punya pengharapan tersendiri bahwa suatu ketika ini akan menjadi rumah yg indah.

Hal ini sudah mengubah fokus kita dari melihat orang lain dgn melihat kemajuan kita di hari ini. harapan dan semangat yang timbul, bahkan membuat diri kita lebih mudah mensyukuri terhadap hal hal yg kita miliki selama ini.

Syukurlah si A membantu saya, syukurlah saya di pecat sehingga saya punya waktu bangun rumah ini, syukurlah saya punya minat di bidang ini … dan seterusnya.

Kebiasaan ini tidak lah mudah, perlu pembiasaan karena banyak faktor X diluaran sana yg mempengaruhi kita untuk balik lagi ke ke dua kebiasaan buruk itu , nyontek dan ngantuk.

Pesan dari Richard Carlos di bukunya don’t sweat the small stuff yg terkait dgn materi ini adalah “ingatlah bahwa anda akan menjadi apa yg anda banyak lakukan”. Sehingga bila anda membiasakan kebiasaan baik dalam bergerak sasaran sebagai pengganti dari kebiasaan nyontek dan ngantuk, anda memperbesar prosentase kebahagiaan di masa depan anda sendiri. good luck.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s