CIPTAKAN KEBAHAGIAAN ANDA SENDIRI


Bersemangat sepanjang waktu

“Bersemangat lah sepanjang waktu” itulah kata kata Dr.Peale dalam bukunya “Stay alive all your life”. Dr.Peale percaya dari pengalaman beliau bahwa iman dan berpikir positif saja tidak dapat memberikan kepuasan dan kebahagiaan, tapi dibutuhkan TINDAKAN untuk mengalahkan serangan sehari hari berupa keraguan, penundaan, kemalasan, kebimbangan, ketakutan, kekhawatiran, dan depresi, yg kesemuanya ini menghalangi kita mencapai kepuasan dan kebahagiaan yg utuh.

Dalam ulasan kali ini, Norman Vincent Peale akan memberikan cara cara efektif agar kita bisa hidup bahagia dan dinamis bersemangat sepanjang waktu. Oke, mari kita mulai dengan …
Frustrasi

Agar hidup kita bahagia dan bersemangat sepanjang waktu, kita perlu terhindar dari rasa frustrasi ini. Kisah nyata seorang wanita yg sangat frustrasi terhadap persoalan rumahnya, tidak menemukan pemecahan dari berbagai soal kehidupannya, pada akhirnya wanita tersebut membakar rumahnya sendiri. Itulah cara wanita itu mengatasi rasa frustrasinya. Anda masih punya rumah kan?

Kenapa saya memulai dari frustrasi ini karena cukup banyak orang ingin maju, hidup lebih baik, bersemangat dan berbahagia tapi tidak dapat melakukannya karena cukup lama kita terbelenggu dengan berbagai keterbatasan hingga pada akhirnya rasa frustrasi ini menjadi bagian dari hidup kita.

Seorang ayah membunuh anaknya sendiri karena tdk dapat mengatasi kenakalannya, Seorang guru memukul dan membanting muridnya hanya gara gara merusak pot sekolah, dan masih banyak lagi cara2 kita mengatasi rasa frustrasi tersebut. Anda pernah lakukan apa ngomong-ngomong?

Cara atasi Frustrasi

Cara atasi frustrasi dari Norman Vincent Peale sangat sederhana yaitu “setelah melakukan apa yg dapat anda lakukan, berhentilah”. Jangan lakukan apa apa lagi, berhentilah juga saat itu.

Ketika anda menghentikan usaha anda yang gugup dan gelisah untuk berbuat lebih dari yang dapat atau perlu anda lakukan, dan dengan tenang menyadari bahwa harus ada akhir dari kecemasan dan kegelisahan, maka anda akan dibebaskan dari efek2 frustrasi yang mengacaukan.

prosedur berikut nya adalah “praktekan ketenangan”

Dikatakan praktek, agar benar benar dilakukan secara sadar, bukan kebetulan merasakan ketenangan. Dr.Peale mengatakan bahwa kita sangat membutuhkan ketenangan seperti makanan dan air. Karena rasa frustrasi ini mengandung ketegangan hingga tingkat tertentu dan solusi dari atasi ketegangan adalah ketenangan. Cobalah melakukan ketenangan pikiran secara teratur setiap hari sesuai gaya hidup anda.

Kisah Dr.Peale atasi ketegangan

Sebelum pidato di aula, Dr.Peale mempersiapkan naskah di hotel, karena tuntutan yg demikian berat, gagasan terasa tidak mengalir dengan baik, untunglah Dr.Peale menyadarinya bahwa dirinya sedang dalam kondisi yg frustrasi. Dia berhenti, keluar dari hotel, menuju pantai, duduk menikmati pemandangan, pohon palem, laut yg luas, awan putih lembut bergerak perlahan, dan secara tdk disadari, rasa frustrasi itu hilang seakan tertiup angin.

Naskah pun selesai sekembali dari pantai itu dengan waktu yg relatif singkat.

Kandungan Frustrasi

Frustrasi mengandung dua unsur, yaitu “Kepanasan dan stress”, sehingga secara sederhana, bila kita frustrasi, pertolongan pertama dalam kecelakaan adalah mendinginkan (menyejukkan) dan ketenangan (kedamaian). Persis seperti apa yang dialami Dr.Peale saat membuat naskah sebelum pidato, pergi dan secara sadar menyejukan diri dan terus menurunkan ketegangan dalam dirinya, hingga rasa frustrasi pergi, pekerjaan lancar kembali.

Mengatasi rasa frustrasi secara dini lebih memperbesar kemungkinan kita dapat mempertahankan rasa bahagia dan bersemangat dalam menjalani kehidupan ini. Jadi, bila kita mulai kecewa cukup sering, sumpek, dan terasa tegang karena tidak ada lagi yg bisa dilakukan, saat itulah kita berhenti dan berupaya mengatasi rasa frutrasi agar kita bisa kembali baik dan menjalani kehidupan penuh bersemangat dan bahagia ini.

ANDA BISA MENGATASI MASALAH ANDA
Satu hal yang menarik dari bahasan ini adalah filsafat seorang kapten kapal laut yang mengatakan sebagai berikut :

Saya selalu hidup berdasarkan filsafat, jika air laut tenang, maka laut itu akan bergelombang. Jika laut bergelombang, maka laut akan tenang kembali. Tetapi dengan kapal yang terbaik, anda bisa mengatasi hal itu.

Pesannya jelas, Bila terjadi badai di kehidupan kita, ingatlah sebentar lagi cerah, dgn arti, lihatlah kehidupan dari skala yang besar.

Saat Norman vincent Peale masih muda, ia mendapatkan nasehat yang sangat bagus sekali dan dijadikan prinsip bagi Norman di kemudian hari, nasehat itu adalah :

“Norman, cara mengatasi kesulitan itu sangat mudah, berpikirlah besar, berdoalah besar, percayalah besar dan bertindaklah besar dan kamu akan menjadi lebih besar dari masalah masalah mu itu”

KASUS TOKO KECIL
inilah contoh kasus yang terkait dengan nasehat diatas :

Suatu ketika Norman duduk bersama seorang pemilik toko yang cukup sukses di suatu kota tertentu. Norman mendengar cerita si pemilik toko tersebut akan perjuangannya membangun toko itu dengan kepercayaan besar.

Saat itu dia hanya bermodalkan $ 50 dan masih jomblo. Lalu dia mendirikan toko kecil kecilan saking kecilnya, ia sebut “hole in the wall”… duuh kacian amat sampe sebutannya kayak gitu.

suatu ketika toko kuecil itu mulai berkembang lumayan lebih besar dan ia akhirnya memutuskan untuk menikah .. biasa, klo dah sukses sedikit aja, kepikiran kawin aja. hahaha …

lalu tiba2 bangkrut abis.. bis.

Semua yang dimilikinya habis karena rekannya yang menyalah gunakan kepercayaan yang telah diberikannya. Boro boro toko ambruk, caleg aja (calon legislatif ) bisa gila dan sinting gara gara ga kepilih jadi calon rakyat. ckckck … Untunglah orang ini berpikir besar, dia berpikir seperti ini :

Setelah saya mengevaluasi kembali sisa harta yang ada, saya sebenarnya lebih beruntung dari sebelumnya, saya sekarang punya uang $1000 ( bukan $ 50 lagi ), seorang istri (dulu jomblo), dan pengalaman yang banyak (dulu bondo nekat).

Akhirnya ia sukses membangun tokonya yang kedua. Itulah contoh mengatasi masalah dengan berpikir besar. Badai besar pun hilang dan menjadi lautan yang tenang.

SETIAP ORANG PUNYA MASALAH SULIT
Setiap orang pasti punya masalah sulit, dan tanggapan kebanyakan orang adalah mengeluh. Tapi Norman yakin bila anda berhenti berpikir negatif terhadap masalah sulit anda dan melakukan tindakan konstruktif dengan berpikir besar, anda pasti bisa atasi masalah anda.

Jadi berpikirlah besar.

Ada rahasia yang ingin disampaikan Norman Vincent untuk kita semua, ini berasal dari pengalaman beliau bertahun tahun melatih diri dalam mengatasi masalah dan kesulitan yang ia alami selama ini. Rahasia itu adalah :

Rahasia dalam kehidupan yang berhasil adalah mengendalikan dan menggunakan kekuatan yang berasal dari masalah dari kehidupan anda sendiri.

Pesannya jelas, justru masalah dan kesulitan anda itulah sumber kekuatan yang membuat hidup anda berhasil nantinya. Disanalah pintu menuju kesuksesan anda nantinya, jangan hindari, tapi atasi. Walau mungkin memang sulit sekali tapi percayalah selama berpikir besar, percaya besar, berdoa besar dan bertindak besar, masalah tersebut akan menjadi diri kita yang lebih baik lagi di masa yang akan datang.

well, tentu saja masalah lain akan muncul kemudian hari, tapi apa pilihan kita? Membiarkan masalah hidup membentuk diri kita menjadi hancur atau menjadi mengkilat dan indah seperti berlian yang terus di asah.

semoga kita bisa memulai berpikir besar dan melakukan tindakan konstruktif terhadap masalah masalah kita hari ini. Good luck.

MENGHASILKAN ENERGI YG KONSISTEN

Untuk bisa bersemangat sepanjang waktu dibutuhkan energy yg konsisten. Energy untuk membuat kita tetap bisa beraktifitas secara penuh dalam satu hari. Sayangnya banyak orang merasa kelelahan, letih dan capek karena kesibukan, ketegangan, kurang istirahat, kerja keras dan lain sebagainya.

Nah, Norman memiliki obatnya untuk tetap memiliki energy besar walau di tengah kesibukan yg berat.

Rahasia utamanya menurut Norman vincent Peale adalah keselarasan dgn irama alam. Kita berpikir kadang justru kebalik, dgan tergesa gesa untuk menyelesaikan sesuatu dan semua beres bisa membuat diri kita tetap berenergy, padahal ketegangan, penggunaan emosi yg berlebihan, marah, dendam, justru boros energy hingga kita kelelahan.

Obat yang dianjurkan Norman agar kita tetap memiliki energy konstan sangat sederhana yaitu :

Pengosongan pikiran
Sudah di yakini oleh para ahli bahwa kelelahan kita sebagian besar berasal dari pikiran. Kita terlalu banyak khawatir, tegang,marah,kesal, terburu buru karena kesibukan (bukan sibuknya, tapi terburu buru itu), dan lain lainnya. Norman menganjurkan kita agar membuat kebiasaan mengosongkan pikiran secara rutin dan mengganti pikiran yg lebih optimis, menyegarkan, menenangkan agar pikiran bisa menciptakan energy yg lebih konsisten ke dalam tubuh kita secara lebih efesien.

Anda tidak harus menyendiri dulu agar bisa mengosongkan pikiran, saat anda mengendarai mobil, menunggu bus, sebelum memasuki kantor, saat sarapan, makan siang, dan seterusnya. anda bisa mengosongkan pikiran dgn menenangkan diri, kemudian masukan pikiran2 yg positif.

Memasukan pikiran segar

Nah, berikutnya adalah memasukan kalimat2 positif yg menyegarkan. saat memasukan Kalimat positif ini, sebisa mungkin memiliki emosi yg cukup, contohnya bila kita dihadapkan tekanan yg besar di hari ini, kecenderungan pikiran kita saat itu berisi “duuh, kenapa begini sih, kan harusnya begitu”;”tu kan dia gitu lagi, ntar lagi nih …”;”susah amat sih kerjaan ini …” .

kita bisa menggantikannya dgn “semakin tekanan besar, semakin tangguhlah aku jadinya”;”lingkungan yg keras dan kaku justru membuat ku semakin luwes dari menit ke menit”;”oke kerjaan ini ga mudah, tapi bila berhasil aku mendapatkan wawasan baru ”
semakin spesifik kalimatnya, semakin baiklah dampaknya terhadap pikiran anda.

Rasakan kesegaran baru
Setelah memasukan pikiran segar ke pikiran yg kering kerontang, rasakan kesegaran itu dan bayangkan pikiran usang terlempar keluar karena sekarang pikiran penuh dan luber dgn pikiran baru. Kalau masih ada yg membuat anda kesal, coba perhatikan kembali situasi negatif apakah yg anda tidak suka sebenarnya. Kemungkinan ada yg tertinggal di pikiran saat yg ini dan tersembunyi sekaligus membuat anda terganggu.

Misalnya “mendengar suaranya saja membuat aku muak, sebel dan lelah”, mungkin bisa dengan kalimat “justru suara nya itulah tekanan yg kuperlukan agar diri ku jadi lebih tangguh detik demi detik” dan seterusnya ….

Pikiran yg dipenuhi dgn kekecewaan, kekesalan, kemarahan dan dendam, justru membuat keborosan energy habis habisan, jangan itu terjadi pada anda, segera tentukan bentuk kekecewaan anda dan ganti dgn pikiran segar dan bervitamin yg membuat anda lebih tangguh dan lebih baik lagi di masa depan.

This entry was posted in Motivasi. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s