TIPS ATASI HARI MENYEBALKAN


Setiap orang pasti pernah mengalami hari menyebalkan, hari dimana sepertinya banyak hal yang membuat kita kesal, nyebelin sampai kadang kadang kita kehilangan kesabaran hingga berkata “Aaarrgggh… sebel !!”.

Saya sempat cari tau apa sih yg membuat orng sampai begitu kesalnya, ternyata banyak sekali penyebabnya, dari yg aneh, unik sampai saya geleng geleng kepala krn gak percaya… yah, namanya juga orang.

Nah bahasan kali ini mengulas tentang mengatasi hari menyebalkan versi Richard Carlos Ph.D, penulis buku “don’t sweat the small stuff”. Dia memiliki beberapa tips yg saya pikir bagus sekali untuk kita jadikan referensi dalam atasi hari menyebalkan kita sendiri.

Tetap Tenang di tengah badai
Kalau anda merasa seseorang telah membuat hari anda menjadi menyebalkan, jangan lepas kendali, umbar amarah, dan mengomel seharian. tapi kondisikan diri anda sehingga bisa “Melihat badai angin topan yang besar lewat melalui anda”.

Ada kemungkinan besar sekali orang2 disekitar anda itu tidak bermaksud 100% untuk membuat anda terpuruk kesal hingga memiliki hari menyebalkan, tapi mungkin karena suatu sebab, kata kata atau prilaku mereka cukup kena bagian lemah anda sehingga anda merasa kesal sekali.

Hari menyebalkan itu akan pasti berakhir, paling tidak hingga saat anda tertidur. Keesokan hari itu adalah hari baru yang berbeda, menyenangkan, bahagia dan penuh kesempatan.

Itu hanya terjadi kalau anda TIDAK MEMBAWA kekesalan di hari menyebalkan ke hari baru berikutnya. Kadang mungkin dengan melakukan sedikit pendekatan berbeda dalam komunikasi keesokan harinya, anda justru mendapatkan suatu perubahan positif diluar dugaan anda.

Ingat tentang fakta bahwa “orang itu sebenarnya hanya peduli akan dirinya sendiri”, jadi kalau ada yg memperlakukan diri anda kurang menyenangkan, mungkin melempar tanggung jawab, menyalahkan anda, tidak mau di salahkan dan sebagainya itu demi rasa aman orang tersebut. Besok juga normal kembali kok, tenang saja.
Tingkatkan Rasa Kepedulian
Ini terkait dengan cara diatasnya, dengan meningkatkan kepedulian kita kepada orang lain, ini bisa membuat kita lebih tenang dalam melewati masa masa badai hingga hilang berlalu. Karena, kita lebih peduli orang lain, bukan fokus ke diri sendiri.

Dengan meningkatkan rasa kepedulian kita kepada orang lain, kita jadi lebih banyak bersyukur dan merasa di butuhkan oleh orang lain. Dua hal ini adalah makanan yang sangat lezat dalam memelihara citra diri anda tetap sehat.

Dengan memiliki kepedulian kepada orang lain, anda juga menerapkan prinsip memberi, sehingga bila anda memiliki kebiasaan ini, anda akan juga akan menerima apa yg anda beri, baik itu perhatian, kebahagiaan, bantuan, dan sebagainya dalam jumlah yang sama atau lebih besar (hukum memberi).

Berbuat baik tanpa diketahui orang lain
Nah, cara ini juga membuat sempurna cara sebelumnya dalam meningkatkan kepedulian kita kepada orang lain. Dalam melakukan kontribusi di bidang apapun di hidup kita, cobalah untuk menyisipkan perbuatan baik tanpa di ketahui orang lain, minimal orang yg ditolong, ini akan memberikan obat yang ampuh kepada semua orang yang memiliki citra diri yang rusak sekalipun agar kembali sehat.

This entry was posted in Uncategorized and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s