PROAKTIF = KESEMPATAN EMAS Part.1


Apa itu Proaktif?
Proaktif merupakan lawan dari reaktif. Kata reaktif ini mungkin umum bagi kita semua karena lebih sering digunakan di kehidupan sehari hari daripada kata proaktif. tau kan apa itu reaktif? secara sederhana, bila saya bakar rumah saya sendiri, orang orang komplek sekitar akan bereaksi dengan berteriak “kebakaran .. kebakaran”, dan yang paling keras adalah tetangga sebelah saya tentunya.

Nah, ini contoh reaktif.
Tapi, tindakan saya saat itu adalah menelepon pemadam kebakaran agar segera datang mengatasi kebakaran adalah contoh proaktif. “pak, ada kebakaran di komplek ini jalan ini!… cepetan ya pak, ini rumah saya soalnya!”

Proaktif dan reaktif adalah pilihan dalam bertindak.

Menurut Stephen Covey, Proaktif lebih dijelaskan sebagai suatu cara kita merespond sesuatu berdasarkan tatanan nilai nilai yang penting bagi kita, bukan hanya bereaksi terhadap sesuatu berdasarkan kebiasaan yang didapat dari lingkungan sekitar kita.

Kita sudah terlatih untuk melakukan reaksi seperti apa yang sudah diajarkan kepada kita. Oleh orang tua kita, teman sekolah, guru, ustad, budaya daerah dan seterusnya.

apakah kita terbiasa reaktif atau proaktif? Lihat saja bahasa yang kita pergunakan sehari hari … .

Bahasa reaktif

Ah, susah nih… dah deh
dia nyebelin banget sih ..
tuh kan janjinya lupa lagi …
siang ini panas amat …
duh, hujan lagi !!
saya harus bekerja nih..
seandainya saja …

Bahasa proaktif

kelihatannya tidak mudah, aku lakukan yang terbaik.
Saya jadi orang yang lebih baik karena dia, thanks.
sudah lama gak ke toko buku sendirian ..
Wah jemuran ku cepet kering nih !
Asyik, gak usah cuci mobil !
saya suka sekali membantu teman di kantor..
Saya akan …

Masalah yang paling serius bila kita terlalu sering menggunakan bahasa reaktif adalah kita percaya bahwa kita korban situasi, kehilangan kendali akan hidup, percaya dengan ramalan bintang, dan yang terburuk adalah tidak bertanggung jawab akan dirinya sendiri.

This entry was posted in Uncategorized and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s